Langsung ke konten utama

Blog 2 bahasa

Akhirnya saya bisa blogging dalam 2 bahasa yang berbeda dalam satu domain, menggunakan teknik dari guide ini:

Anda tidak akan dapat melihat post dalam bahasa Inggris di halaman depan blog saya, namun jika Anda memilih tab "English" di samping tab "Home", maka posting dalam bahasa Inggirs akan muncul. 

Domain enbedebeuh.blogspot.com yang sebelumnya digunakan untuk blogging dalam bahasa Inggris telah saya hapus dan selanjutnya akan dipost di blog ini.

Update 1: teknik ini mengharuskan kita mengubah sedikit setingan dari "Post & Comment" di Dashboard. Anggap saja penulis ingin menampilkan 7 post di halaman depan. 
Dan penulis menerbitkan artikel dengan urutan sebagai berikut:
1. Hari Senin: 1 artikel bahasa Inggris, 1 artikel bahasa Indonesia, maka pada tampilan halaman depan terdapat 1 artikel bahasa Indonesia
2. Hari Selasa: 1 artikel bahasa Inggris, 1 artikel bahasa Indonesia, maka pada tampilan halaman depan terdapat 2 artikel bahasa Indonesia
3. Hari Rabu: 1 artikel bahasa Inggris, 1 artikel bahasa Indonesia, maka pada tampilan halaman depan terdapat 3 artikel bahasa Indonesia
4. Hari Kamis: 1 artikel bahasa Inggris, 1 artikel bahasa Indonesia, maka pada tampilan halaman depan terdapat 4 artikel bahasa Indonesia
5. Hari Jumat: 1 artikel bahasa Inggris, 1 artikel bahasa Indonesia, maka pada tampilan halaman depan terdapat 4 artikel bahasa Indonesia

Perhatikan bahwa pada hari Jumat dan seterusnya, halaman depan akan hanya menampilkan 4 artikel dalam bahasa Indonesia, bukan 7 seperti yang penulis inginkan, karena artikel bahasa Inggrisnya sebenarnya sudah tampil di halaman depan, namun disembunyikan. Lalu bagaimana agar halaman depan dapat menampilkan 7 artikel berbahasa Indonesia? Cukup dengan mengganti nilai 7 menjadi 14 pada setting "Post & Comment" di Dashboard.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tip dan trik Torchlight II: Outlander Dual Pistol

Kali ini saya akan membahas tentang game Torchlight 2. Game ini dirilis 21 September 2012. Game ini adalah lanjutan dari Torchlight yang dirilis beberapa tahun lalu. Review tentang Torchlight 2 telah banyak diulas di situs situs game internasional terkemuka maka saya tidak akan mereview game ini, hanya memberikan beberapa tip dan trik untuk memainkan game ini. Jika pembaca suka game jenis hack and slash ala Diablo, maka game ini wajib dimainkan.

Mari mulai. Penulis memulai game ini langsung ke level Elite, tingkat kesulitan game ke 4 atau yang paling tinggi dalam game ini setelah 1. Casual, 2. Normal, 3. Veteran, 4. Elite. Penulis merasa kurang puas jika tidak memainkan suatu game dalam tingkat kesulitan yang paling tinggi :D. 


















Blizzard: masihkah menjadi pembuat game terbaik?

Game game keluaran Blizzard bisa dibilang fenomemal dalam hal popularitas, penjualan, dan tentu saja yang paling penting adalah gameplay. Prinsip dasar game game Blizzard adalah mudah dipelajari, namun bukan berarti game menjadi gampang, justru kelebihan utamanya adalah siapapun bisa memainkan game game Blizzard namun tidak semua dapat menguasai sampai ke tingkat pro/sangat ahli. Prinsip ini menjadikan game game Blizzard seperti candu, kita ingin memainkan nya lagi dan lagi.

Diablo, Warcraft, Starcraft
Kelebihan Blizzard dalam hal meracik game adalah kemampuan nya melihat apa yang sedang populer di pasar dan memoles game nya dengan tambahan fitur atau bahkan mengurangi fitur. Blizzard bukanlah pioner. Namun mereka jenius dalam membuat game yang membuat pemain merasa ketagihan. Diablo adalah salah satu game pertama yang memanfaatkan koneksi internet untuk bermain game bersama pemain lain. Tak ada yang lebih menyenangkan dari memburu monster dan bos monster dengan pemain asing lain lewat …

Tip dan trik Torchlight II: Berserker Blood Hunger

Karena sedang bosan dengan karakter "gun", penulis coba main dengan karakter Berserker. Karakter ini menarik karena senjata melee nya, yaitu claw, memiliki kemampuan untuk by-pass 50% dari armor!! Walaupun demikian, serangan standar nya hanya bisa memukul satu musuh pada saat yang sama, kecuali menggunakan skill.

Setelah iseng iseng coba beberapa kali, penulis memutuskan untuk memanfaatkan secara penuh skill passive Blood Hunger, skill yang akan mengembalikan sekian persen dari max HP kita setiap kali kita melakukan serangan kritikal. Bisa dibilang selama pukulan kita masuk secara critical, HP kita tidak akan pernah turun. Ditambah sifat senjata Berserker yang memiliki animasi delay paling rendah, kesempatan melakukan serangan critical sangat tinggi.